Saturday, August 2, 2008

Etape ketiga

Jalur Kandang Badak menuju puncak Gede hanya berjarak 2 km dengan perkiraan waktu tempuh selama 2 jam dengan kemiringan 45 derajat.

Tepat ditengah perjananan akan dijumpai tanjakan batu terjal hampir 80 derajat yang dikenal dengan tanjakan setan, kini sudah tersedia tali besi untuk membantu menaikinya. Jika ingin mendaki dengan santai ambil jalur di sebelah kiri dengan jalan melingkar dan berliku.

Mendekati puncak Gede tumbuhan semakin jarang dan rendah, tumbuhan yang memiliki buah seperti buni berwarna hitam berasa manis keasaman menjadi saksi perjalanan menujuk puncak.

Dari shelter puncak Gede masih harus berjalan sejauh 200 meter untuk mencapai puncak tertinggi gunung Gede, titik 2990 m dari permukaan laut. Gerusan hujan menyisahkan cekungan berbatu dan berpasir mencapainya.

Sun block, lipsgloss, topi sangat diperlukan karena paparan sinar matahari tidak terhalangi. Kawah besar mengangah menjadi saksi letusan besar pernah terjadi dengan bau belerang jika angin bertiup melalui kawah Ratu.

Bunga sejati Edelweis menjadi iburan tersendiri, namun yang terindah di alun-alun Surya Kencana 30 menit turun dari sini, jika memiliki waktu sempatkan mengunjunginya terlebih di bulan Januari dan Pebruari saat Edelwies seolah berlomba bermekaran. Pesan kami, jangan dipetik karena Edelwies paling cantik dihabitat asli.

Diseberang, gunung Pangrango kukuh berdiri menantang seakan berkata, kapan giliran aku kalian daki, brani?

No comments: